Jumat, 19 Oktober 2012

Semua Tentang Bis Malam

Berikut ini adalah sedikit informasi mengenai bis malam.



1. Putra Remaja.

Putra Remaja
Bis yang bermarkas di daerah Gamping, Sleman ini didirikan oleh Bapak Sutikno sejak tahun 1980, dan selama hampir 30 tahun terus berkembang hingga kini menjadi Perusahaan Otobis terbesar di Yogyakarta. Pada awal berdirinya, PO. Putra Remaja menawarkan layanan bus malam, menjalankan 4 unit bus dengan trayek pertama Jogja-Jakarta. Seiring dengan perkembangannya, saat ini PO. Putra Remaja juga memiliki layanan bus pariwisata dengan jumlah armada sekitar 150 unit dan melayani berbagai trayek di Pulau Jawa hingga Pulau Sumatra.

Bis ini juga melayani Bus Pariwisata, baik untuk rekreasi, study tour, ziarah, dan lain-lain.


2. Pahala Kencana

Pahala Kencana
PT Pahala Kencana didirikan di Kudus sebuah kota kecil di Jawa Tengah pada tahun 1976. Bergerak di bidang usaha Bus Antar Kota Antar Propinsi dengan melayani rute Kudus-Jakarta PP dan Solo-Jakarta PP. Situasi pergerakan bisnis yang dinamis memacu Pahala Kencana untuk terus mengembang wilayah operasi pemasarannya hingga menjangkau beberapa kota besar dan kecil di P. Sumatra, Jawa, Madura, Bali, dan Lombok.

Pada tahun 2000 terbukanya kesempatan pengembangan bisnis di bidang usaha transportasi angkutan darat memaksa manajemen memindahkan kantor pusat PT Pahala Kencana yang pada saat itu berada di Kudus ke Jakarta. Saat ini, Pahala Kencana memiliki banyak trayek, antara lain:
Jakarta – (Singaraja) – Denpasar PP
Jakarta – Singaraja PP
Jakarta – Jember – Banyuwangi PP
Jakarta – Jember PP
Jakarta – Surabaya PP
Jakarta – Surabaya – Malang PP
Jakarta – Sumenep PP
Jakarta – Pamekasan PP
Jakarta – Sampang PP
Jakarta – Blega PP
Jakarta – Galis PP
Jakarta – Tanah Merah PP
Jakarta – Bangkalan PP
Jakarta – Bojonegoro PP
Jakarta – Cepu PP
Jakarta – Blora PP
Jakarta – Lasem PP
Jakarta – Bangilan – Snori PP*IK
Jakarta – Rembang PP
Jakarta – Pati PP
Jakarta – Wonogiri PP*IK
Jakarta – Tulungagung – Blitar PP
Jakarta – Yogyakarta PP
Jakarta – Palembang PP
Jakarta – Prabumulih PP*IK
Jakarta – Palembang – Prabumulih PP
Jakarta – Baturaja – Prabumulih PP
Bekasi Timur – Bojonegoro PP*IK
Tangerang – Wonogiri PP
Tangerang – Yogyakarta – Klaten PP
Tangerang – Purwodadi – Blora PP
Tangerang – Surabaya – Malang PP
Tangerang – Pamekasan PP
Cileungsi – Sampang PP*IK
Bogor – Surabaya PP
Bogor – Surabaya – Malang PP
Bogor – Bojonegoro PP
Bogor – Lasem PP
Bogor – Yogyakarta – Klaten PP
Bogor – Ponorogo PP
Merak – Yogyakarta PP*IK
Merak – Surabaya – Malang PP
Bandung – (Singaraja) – Semarang – Denpasar PP via Pantura
Bandung – (Singaraja) – Yogyakarta – Denpasar PP (via Selatan)
Bandung – Tulungagung – Blitar PP
Bandung – Surabaya PP
Bandung – Surabaya – Malang PP
Bandung – Kudus – Bojonegoro PP
Bandung – Purwodadi – Bojonegoro PP
Bandung – Lasem PP
Bandung – Palembang PP
Bandung – Prabumulih PP
Bandung – Bandar Lampung PP
Bandung – Bandar Lampung – Metro PP
Yogyakarta – Denpasar PP*IK


Pahala Kencana akhirnya memiliki banyak divisi, yaitu di Kudus, Malang, dan Denpasar. Pahala Kencana juga melayani penyewaan bus pariwisata, seperti Nirwana, yang masih satu grup dengan Pahala Kencana.


3. Kramat djati

Kramat Djati
Kramat Djati Sebelumnya dikenal sebagai sumber Djaja, perusahaan transportasi yang bergerak dalam bidang ternak dan angkutan, telah berkembang menjadi perusahaan transportasi yang paling maju yang telah mencapai 45 % pasar nasional.

Kramat Djati berdri pada tahun 1968 oleh arief budiman dengan membuka satu jurusan yaitu Bandung-Jakarta. Kemudian pada tahun 1970 menambah lagi jurusan baru yaitu jurusan Jakarta. Pada tahun 1975 membuka jurusan lagi yaitu jurusan Bandung – Merak. Tahun demi tahun perusahaan Kramat Djati semakin maju dan berkembang.

Pada tahun 1986 Kramat Djati membuka layanan baru yaitu dengan adanya bus malam cepat yang menjangkau 3 propinsi jawa tengah, jawa timur dan yogyakarta. Jurusan Bandung - Bali dibuka pada tahun 1990.

Akhirnya pada tahun 1995 Kramat Djati melakukan perubahan bentuk perusahaan menjadi perseroan terbatas dan menambah nama yaitu menjadi Kramat Djati Asri Sejati. Setelah itu Kramat Djati juga menembus pasar sumatra dengan tujuan lampung, palembang, pekanbaru dan bengkulu pada tahun 1996, kemudian pada tahun 2000 memperluas pasar kesebelah timur dengan membuka jurusan Bandung – Mataram.

Saat ini, Kramat djati memiliki trayek sebagai berikut:

  • Jakarta– Surabaya (Executive 32 seat) 
    • Lewat jalur pantura: Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya ( Terminal Bungur Asih ).
  • Jakarta– Malang (Executive 32 seat) 
    • Lewat jalur Pantura : Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya ( Bungur Asih ) – Gempol – Lawang – Purwodadi – Singosari – Malang (Terminal Arjosari). 
  • Jakarta– Madura (Executive 32 seat) 
    • Lewat jalur Pantura : Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Tanjung Perak – Kamal – Bangkalan – Blega – Sampang – Pamekasan – Sumenep. 
  • Jakarta– Jember (Non Aktif) 
    • Lewat jalur Pantura : Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya– Bangil – Pasuruan – Probolinggo – Jember. 
  • Jakarta– Denpasar (Executive 32 seat) 
    • Lewat jalur Pantura : Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya – Bangil – Pasuruan – Probolinggo – Besuki – Pasir Putih – Situbondo – Banyuwangi – Ketapang – Gilimanuk – Negara – Denpasar ( Terminal Ubung ) 
  • Jakarta– Palembang (Bisnis 40 seat) 
    • Lewat lintas timur : Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni – Branti – Raja Basah – Bandar Lampung – Menggala – Tulang Bawang – Mesuji – Kayu Agung – Palembang ( Demang Lebar Daun ) 
    • Lewat lintas Barat : Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni – Branti – Raja Basah – Bandar Lampung – Kota Bumi – Martapura – Batu Raja – Tanjung Enim – Muara Enim – Prabumulih – Palembang ( Terminal Karya Jaya ) 
  • Jakarta– Ponorogo (Bisnis 40 seat) 
    • Lewat jalur Pantura -Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Ungaran – Salatiga – Boyolali – Kartosuro – Solo – Sragen – Mantingan – Ngawi – Maospati – Madiun – Ponorogo. 
  • Jakarta– Yogyakarta (Bisnis 40 seat) 
    • Lewat jalur Pantura - Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Kendal – Semarang – Ungaran – Bawen - Ambarawa – Secang – Magelang – Muntilan – Yogyakarta. 
4. Rosalia Indah
Rosin
Bis yang bermarkas di daerah Palur, Karanganyar, Jawa Tengah ini didirikan oleh pasangan suami istri, Yustinus Soeroso dengan Yustina Rahyuni Soeroso merintis dari nol perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang jasa transportasi darat dengan nama PO. ROSALIA INDAH.

Pada Mei 1987 BPU. ROSALIA INDAH mengembangkan sayap usahanya dengan menggunakan sarana angkutan bis dalam mengoperasionalkan unit usahanya. Jasa layanan angkutan darat bis AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi) ini hanya beroperasi beberapa waktu saja karena iklim kompetisi usaha di bidang jasa angkutan di Jawa Tengah saat itu memang sedang sangat ketat.

Perusahaan yang baru didirikan ini mengalami akselerasi perkembangan yang dinamis sehingga pada tanggal 21 Maret 1991 Perusahaan Otobus ROSALIA INDAH mengantongi izin usaha BIRO PERJALANAN UMUM (BPU) ROSALIA INDAH No. 05/D.2/BPU/III/1991

BIRO PERJALANAN UMUM ROSALIA INDAH adalah sebuah perusahaan yang sedang berkembang pesat dan merupakan perusahaan pribumi yang diperhitungkan dalam percaturan bisnis jasa angkutan darat di Indonesia. Perusahaan yang selalu mengedepankan pelayanan, keamanan, kenyamanan serta kebersihan armadanya ini pada tahun 1983 mulai mengoperasionalkan 1 (satu) kendaraan bermesin Isuzu dengan jalur lintasan/trayek antar kota jurusan Yogyakarta - Solo - Surabaya - Malang. Perkembangan selanjutnya armada Rosalia Indah bermesin Colt Diesel.

Ketatnya kondisi persaingan bisnis transportasi darat di era 1990-an bukan menjadi kendala bagi BPU. ROSALIA INDAH bahkan pada masa itu dijadikan titik tolak dari yang semula berorientasi pada pelayanan transportasi AKDP menjadi AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) yang lebih memiliki daya jangkau luas, lebih handal dan lebih mantap hingga saat ini, dengan sumber daya manusia lebih dari 1000 personil dan lebih dari 140 kantor perwakilan dan agen Rosalia Indah tersebar di Jawa - Sumatera. Bahkan BPU. ROSALIA INDAH juga telah siap melayani pangsa pasar pariwisata dengan armada travel L-300 ataupun carter bis pariwisata.


Bis ini memiliki trayek sebagai berikut:

  • Solo-Jogja-Lampung via Purwokerto 
  • Cilacap-Purwokerto-Jogja-Solo-Malang 
  • Pekalongan-Solo-Malang 
  • Jakarta-Solo-Surabaya 
  • Cilacap-Purwokerto-Jogja-Solo-Jember via Porong 
  • Solo-Jogja-Jakarta/Tangerang/Bekasi 
  • Solo-Semarang-Lampung 
  • Solo-Semarang-Jakarta/Tangerang/Bekasi 
  • Solo-Semarang-Bogor 
  • Ponorogo-Wonogiri-Lampung 
  • Solo-Jogja-Palembang 
  • Solo-Semarang-Palembang 

5. Lorena

Lorena
Perusahaan otobus ini didirikan pada tahun 1970, oleh Bpk. G.T. Soerbakti dan mulai menjalankan bisnis jasa transportasi jarak pendek dengan mengandalkan 2 unit bus Mercedes Benz yang melayani rute antar kota, yaitu Bogor – Jakarta PP. Kemudian pada tahun 1984, trayek jarak jauh mulai dibuka yaitu Jakarta – Surabaya PP, dilanjutkan dengan kota-kota lain di Pulau Jawa, Madura, Bali dan Sumatera. Saat ini LORENA-KARINA telah memiliki lebih dari 500 unit bus yang keseluruhannya menggunakan produk Mercedes Benz guna melayani lebih dari 60 Kota di Indonesia.

Lorena Group adalah kelompok usaha yang awalnya bergerak dibidang usaha Transportasi. Namun seiring dengan waktu, Lorena Group telah melakukan ekspansi dan saat ini memiliki PT. Lorena Karina ( Holding Company ) dengan beberapa anak perusahaan yaitu :



PT. Eka Sari Lorena Transport




PT. Ryanta Mitra karina





PT. Eka Sari Lorena ­ ESL Express





PT. Eka Sari Lorena Logistics




PT. Sari Lorena Charter & Rental





PT. Eka Sari Lorena Airlines




KSJ Palm Oil Plantation




Trans Jakarta Busway

PT. EKA SARI LORENA TRANSPORT dan PT. RYANTA MITRA KARINA yang lebih dikenal dengan sebutan LORENA-KARINA ini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa Angkutan Darat Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ) dengan fasilitas & pelayanan prima. LORENA-KARINA senantiasa berusaha melayani pelanggan secara khusus dan pribadi, serta konsisten dalam menjaga inti dan integritas pelayanannya agar selalu menjadi pelopor di bidang bisnis jasa transportasi.

Untuk memenuhi keinginan pelanggan, maka LORENA-KARINA menerapkan kebijakan mutu yaitu selalu "Mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjamin bahwa jasa transportasi darat yang dihasilkan dapat memenuhi mutu yang dipersyaratkan dan dengan harga yang kompetitif serta mengupayakan peningkatan pelayanan kepada pelanggan secara berkesinambungan" .

Bis ini juga memiliki cabang divisi di Sumatera. Adapun trayeknya antara lain:

  • Jakarta-Jogja via Pantura 
  • Jakarta-Bandung 
  • Jakarta-Solo via Pantura 
dan lain-lain

6. Sinar Jaya

Sinar Jaya
Bis ini berasal dari daerah Bekasi, Jawa Barat. Bis ini memiliki 3 divisi, yaitu:

  1. Sinar Jaya 
  2. DMI (Daya Melati Indah) 
  3. Sinar Jaya Langgeng Utama, atau yang biasa disebut Starbus 
Bis ini memiliki trayek sebagai berikut:
  • Jogja-Jakarta/Bekasi/Tangerang 
  • Jogja-Lampung 
  • Jakarta/Bekasi/Tangerang-Wonosobo 
  • jakarta/Bekasi/Tangerang-Bobotsari, Purbalingga 
  • Jakarta/Bekasi/Tangerang-Bogor via Tol Jagorawi 
  • Jakarta/Bekasi/Tangerang-Bandung-Karangpucung,Cilacap via Tol Cipularang 
  • Jakarta/Bekasi/Tangerang-Pekalongan-Semarang 
  • jakarta/bekasi/Tangerang-Purwokerto 
7. Siliwangi Antar Nusa
SAN
Perusahaan otobis ini didirikan oleh H. Hasanuddin Adnan pada tahun 1978. Dimulai dengan usaha angkutan barang dengan 2 unit truck sedang sampai 14 unit truck besar. Pada saat itu Hasanuddin Adnan masih menjabat sebagai PNS di kantor Pemda Propinsi Bengkulu, hingga tahun 1984. Armada ini pernah digunakan untuk membantu program transmigrasi bedol desa akibat pembangunan Waduk Gajah Mungkur pada tahun 1982-1983.


Sampai saat ini divisi transportasi SAN Group yang lebih dikenal dengan nama PO. SAN (PO. SILIWANGI ANTAR NUSA), telah memiliki 43 unit bus dengan berbagai rute Sumatera dan Jawa. Penanganan divisi ini sekarang telah dipercayakan pada generasi kedua SAN Group, yaitu kepada KURNIA LESANI ADNAN (Putera ke-tiga dari Bp. H. HASANUDDIN ADNAN).



PO. SAN mulai fokus mengembangkan divisi transportasinya sendiri tepatnya sejak tahun 1992 dengan menggunakan 4 unit Mazda T4000, 2 unit Colt Diesel 120PS, 2 unit Isuzu Bisson TLD, dan 1 unit Mercy 508D. Konsep awal pemasaran pada saat itu adalah pelayanan antar jemput “door to door” yang melayani trayek jurusan Bengkulu – Jakarta pp, Bengkulu – Padang pp, dan Bengkulu – Palembang pp.

Di tahun 1993, bisnis PO. SAN berkembang seiring dengan disetujuinya SK trayek untuk bus AKAP jurusan Bengkulu – Jakarta (Pulo Gadung) pp yang dilayani dengan 4 unit armada Mitsubishi RM 117 type terbaru dengan kelas pelayanan Eksekutif. Pada bulan Mei 1994, PO. SAN menambah armada nya dengan 2 unit Mitsubishi RM 117, 3 unit Nissan RB87, dan 3 unit Mitsubishi Colt Diesel 120PS untuk mengisi trayek Bengkulu – Jakarta pp via Liwa. 

PO. SAN terus memperkuat pasar pelayanannya antara lain dengan penambahan trayek Bengkulu – Solo – Ponorogo pp dan Bengkulu – Bukit Tinggi di tahun 1995. Untuk memperluas eksistensi nya, di tahun 2002  PO. SAN membuka jalur Bengkulu – Pekan Baru pp. Pengembangan untuk wilayah Pekanbaru terus menunjukkan grafik yang menggembirakan sehingga Manajemen memutuskan untuk memindahkan sebagian besar basis armadanya ke Pekanbaru di tahun 2004, termasuk seluruh unit Volvo B7R yang melayani kelas eksekutif Dumai - Pekan Baru – Jogja – Solo pp. Trayek lain yang dilayani dari Pekanbaru adalah Pekanbaru – Bandung – Solo – Blitar dengan armada Hino RG. 



Dari sebuah bisnis keluarga yang dikelola secara tradisional, PO. SAN berhasil menjadi bisnis transportasi yang profesional. Dengan visi “Transport with Care” (transportasi yang peduli), PO. SAN memberikan prioritas  utama pada peningkatan sumber daya manusia. Manajemen percaya bahwa sumber daya manusia yang handal akan membawa perusahaan menjadi bisnis transportasi yang terdepan karena mutu pelayanan kepada pelanggan.

Dalam pengembangan usaha SAN Group juga di rintis usaha bidang lain yaitu PT.SANINDO KURNIA BUANA SEMESTA WISATA (SANINDO WISATA). Biroperjalanan ini di percayakan kepada KURNIA LESANDRI ADNAN (Putera ke dua dari Bp.H.HASANUDDIN ADNAN).

Group ini pernah pula mengembangkan usaha bisnisnya pada  bidang  peternakan yaitu PT. SANLIMA ANTAR NUSA yang bergerak dibidang penggemukan penggemukan sapi (Cattle Feedlot), dimana sapi yang akan digemukkan tersebut didatangkan dari Australia. Sayangnya usaha ini terpaksa mengalami stagnasi sampai sekarang akibat dari krisis moneter (lonjakan fluktuasi dollar).

Usaha lain yang juga di rintis oleh putera kedua Bp. H. HASANUDDIN ADNAN adalah usaha di bidang perdagangan umum, jasa konstruksi & pengadaan di bawah bendera PT.SANLIMA ANTAR NUSA.

Di bulan Maret 2004, bentuk badan usaha CV. SILIWANGI ANTAR NUSA telah ditingkatkan badan hukumnya menjadi PT. (Perseroan Terbatas) dengan nama PT. SAN PUTRA SEJAHTERA. Badan usaha ini diharapkan dapat menjadi tulang punggung dan payung bagi semua perusahaan milik Bp. H. HASANUDDIN ADNAN.

Sampai saat ini tahun 2010 PT. San Putra Sejahtera terus berkembang dan melakukan berbagai inovasi dan sudah memiliki lebih kurang 70 unit bus dari berbagai tipe dan merek diantaranya :

  1. Volvo B7R
  2. Mercedes Benz
  3. Dongfeng
  4. Mitsubishi
Armada baru ini sudah menggunakan “monocoque construction” (tanpa Chasis) yang membuat bagasi menjadi lebih luas, dilengkapi air suspension, rem ABS, Toilet, DVD, TV, serta menggunakan tekhnologi mesin EURO 2, dalam waktu dekat juga akan ditambah dengan armada Mercedes Benz tipe terbaru yang mengunakan mesin EURO 3, untuk melayani berbagai rute yang sudah ada diantaranya :
  1. Bengkulu – Jakarta Via Liwa.
  2. Bengkulu – Padang Via Lubuk Linggau.
  3. Bengkulu – Bukit Tinggi Via Lubuk Linggau.
  4. Bengkulu – Bukit Tinggi Via Muko-muko.
  5. Bengkulu – Pekanbaru Via Lubuk Linggau.
  6. Bengkulu – Solo Via Lubuk Linggau.
  7. Pekanbaru – Solo Via Lintas Timur.
  8. Bengkulu – Jambi.
  9. Bengkulu – Jakarta Via Lubuk Linggau ( masih dalam tahap perencanaan )
PO. SAN sejak tahun 2009 juga sudah membuat terobosan untuk memanjakan penumpangnya diantaranya dengan membuat program undian tiket berhadiah yang bekerja sama dengan PT Deltomed selaku produsen produk Antangin, yang berlanjut tahun 2010 ini.


8. Maju Lancar
Maju Lancar
Bis yang berasal dari Wonosari, Gunung Kidul ini mempunyai banyak trayek, diantaranya Jogja-Wonosari (AKDP), Wonosari-Jogja-Semarang, Wonosari-Jogja-Bogor via Jalur Pantura, Wonosari-Jogja-Jakarta via Jalur Pantura dan Purwokerto.








9. Dharma Jaya Group
Restu Mulya
Wisata Komodo
RedBus Restu Mulya
Bis yang biasa digunakan untuk nge-line adalah Restu Mulya dan Wisata Komodo, sedangkan RedBus hanya untuk pariwisata. Baik Restu Mulya maupun Wisata Komodo, keduanya mempunyai trayek Denpasar-Malang dan Denpasar-Solo-Yogya.






































10. Gunung Harta

Gunung Harta
Bis yang berasal dari daerah Buleleng, Bali, ini didirikan oleh Bapak I Wayan Sutika pada tahun 1993, dengan armada AKDP dengan trayek Denpasar-Gilimanuk saja. Tetapi, pada tahun 1995, mulai dari berbagai informasi dan insting bisnis yang dimiliki sehingga perkembangan bisnis jasa merambah kepada Transportasi bus antar kota antar propinsi dengan bantuan dari sektor perbankan, Lembaga Keuangan lainnya serta dari dukungan dan kepercayaan masyarakat maka pada tahun - tahun berikutnya GUNUNG HARTA terus mengalami perkembangan. 
Tahun 2004 Gunung Harta mengalami perkembangan dengan jumlah armada sekitar 40 buah dengan alokasi : Denpasar - Gilimanuk PP, Denpasar - Jember PP, Denpasar - Surabaya PP, Denpasar - Malang PP, Denpasar - Solo - Yogyakarta PP, Denpasar - Semarang - Jakarta PP, Denpasar - Madiun - Maospati - Ponorogo , serta untuk angkutan pariwisata dan jasa titipan paket kilat.

Pada Tahun 2006 Gunung Harta mengalami perkembangan / perluasan trayek Denpasar - Malang - Blitar - Tulungagung dan Denpasar - Surabaya - Kediri, dengan jumlah 5 armada. Untuk Denpasar - Malang - Blitar - Tulungagung sebanyak 3 armada dan Denpasar - Surabaya - Kediri 2 armada. Gunung Harta menyediakan : Transportasi Bus dalam provinsi Bali dan antar provinsi (Jawa), jasa sewa/carter bus umum dan pariwisata, jasa titipan paket kilat, jasa tour dan travel di wilayah Jawa, Bali, Lombok dan sekitarnya. 


11. PT. Safari Dharma Raya
OBL
PT. Safari Dharma Sakti (dengan nama dagang PO. SAFARI DHARMA RAYA) mulai berdiri tahun 1969 dikota Temanggung, Jawa Tengah dengan nama PO. OBL yang mana merupakan singkatan initial nama dari pemiliknya Oei Bie Lay (Darmoyuwono). Rute awal yang dijalani adalah rute jarak pendek yaitu jurusan Magelang - Ngadirejo PP. Dalam perkembangan usaha jasa angkutan ini mulai merambah ke armada bis malam pada tahun 1971 dengan rute Temanggung - Surabaya - Malang PP (baik melalui Yogyakarta maupun Semarang). Dan kemudian semakin berkembang dengan menambah rute jurusan Yogyakarta - Jakarta PP pada tahun 1974. Kemudian pada tahun 1989 membuka 2 jurusan baru sekaligus yaitu Jakarta - Denpasar PP dan Temanggung-Yogyakarta - Denpasar PP. Agar lebih berkonsentrasi pada armada bis malam dengan spesialisasi kelas eksekutif dan super eksekutif maka rute bis siang mulai tahun 1984 tidak dijalani lagi. 

Sepeninggal Bp. Darmoyuwono (tahun 1989), PO. SAFARI DHARMA RAYA dijalankan oleh dua orang putranya yaitu Hendro Darmoyuwono yang berkantor di Jakarta dan Santoso yang berkantor di Temanggung dengan di bawah pengawasan lbu Soetari Darmoyuwono. 

Mulai tahun 1997 ada penambahan rute baru yaitu jurusan Jakarta - Mataram PP dan Temanggung - Yogyakarta - Mataram PP dan pada tahun 2001 mulai menambah rute baru dengan melayani jurusan Solo – Semarang – Jakarta PP. di tahun ini juga mulai memasuki Pulau Sumbawa dengan membuka rute Jakarta - Bima PP. Sedangkan untuk jurusan Temanggung - Yogyakarta - Bima ijin trayek sudah diperoleh dan saat ini armada sedang dalam proses karoseri, diharapkan sebelum akhir tahun 2003 rute tersebut sudah dapat dilayani. 

Atas tawaran dari salah seorang relasi, pada tahun 1999, PT. SAFARI DHARMA SAKTI kerjasama untuk pengadaan beberapa unit bis angkutan bandara guna dioperasikan di bandara Juanda Surabaya dengan masa kontrak selama 3 tahun, yang mana kontrak tersebut telah berakhir pada tahun 2002. 

Sejalan dengan banyaknya permintaan dari para pelanggan dan biro perjalanan agar PO. SAFARI DHARMA RAYA tidak hanya menyediakan bis eksekutif dan super eksekutif saja, maka sejak akhir tahun 2000 mulai menyediakan bis-bis pariwisata dengan beberapa pilihan kapasitas tempat duduk sesuai dengan kebutuhan/permintaan para pengguna jasa layanan kami.

Pada tahun 2002 PT. SAFARI DHARMA SAKTI mengikuti proses tender pengadaan & pelayanan bis angkutan bandara yang diadakan oleh PT. GAPURA ANGKASA untuk pelayanan di dalam bandara Ngurah Rai Denpasar & berhasil mendapatkan kepercayaan dari PT. GAPURA ANGKASA untuk melaksanakan pekerjaan tersebut dengan masa kontrak awal selama 5 tahun. Dengan pengalaman selama lebih dari 30 tahun menggeluti bisnis transportasi penumpang dengan spesialisasi pada bis-bis eksekutif & super eksekutif yang kemudian diperluas dengan bis pariwisata
dan bus angkutan bandara, ke depan di samping tetap konsisten mengembangkan sektor tersebut, PO. SAFARI DHARMA RAYA akan melakukan penetrasi pasar dengan menggarap kebutuhan akan
armada bis dengan spesifikasi ataupun kebutuhan khusus, misalnya bis untuk angkutan karyawan perkebunan ataupun pertambangan yang menuntut tingkat keselamatan yang tinggi.

12 komentar:

  1. klo membicarakan tentang dunia bis akan selalu menarik, dinamis yang mungkin bagi sebagian orang kommunitas bis di anggap aneh.. Di era per_bis_an modern seperti sekarang ini, bis-bis sekarang tambah bagus-bagus itu semua berkat adanya komunitas pecinta bis dan blog yang mengulas tetntang bis...

    BalasHapus
  2. DI CARI AGEN PENJUALAN TIKET BUS PARIWISATA LEBARAN 2013 < KOMISI RP 15.000 PER TIKET UNTUK
    DI PERUSAHAAN ,PABRIK ,KANTOR,PERUMAHAN,PAGUYUBAN ,DAN KELOMPOK ARISAN ,,
    https://picasaweb.google.com/pusattiketbus2013

    http://pusattiketbus.blogspot.com/

    http://sewabusbekasi.blogspot.com/
    http://pusatpemesanantiketbus.blogspot.com/

    http://busangkutanlebaran2013.blogspot.com/


    PUSAT PEMESANAN TIKET BUS ROMBONGAN PARIWISATA LEBARAN 2013 TERMURAH BERPENGALAMAN MELAYANI SEJAK TH 2002 HINGGA SAAT INI KONSERSIUM GABUNGAN BUS PARIWISATA DARI: BANDUNG ,KLATEN,LAMONGAN DAN JOMBANG ARMADA TERBARU FASILITAS FULL AC,dvd,MP3 PATAS BISNIS SEAT 2-3 HARGA TERJANGKAU DAN FIX ( TIDAK AKAN BERUBAH /NAIK LAGI ) MELAYANI: KOTA – KOTA DI jawa tengah & jawa timur
    RUTE: A : SEMARANG - Solo – Sragen – mantingan – gendingan – sidowayah – ngawi – geneng – glodok – maospati – madiun Tiket : Rp. 245.000
    RUTE : B : KARANG JATI – caruban –nganjuk –– kertosono– jombang Tiket : Rp. 250.000
    RUTE : C : KARANG JATI – caruban –nganjuk –– KEDIRI– jombang Tiket : Rp. 250.000
    RUTE: D : PONOROGO – T GALEK – TULUNG AGUNG – BLITAR – KEPANJEN – MALANG
    Tiket : Rp. 265.000
    RUTE: E : TUBAN – LAMONGAN – GRESIK – SURABAYA – MALANG Tiket : Rp. 265.000

    RUTE: F : SEMARANG – DEMAK – KUDUS – PATI – REMBANG – BLORA – CEPU BOJONEGORO – BABAT – NGIMBANG – PLOSO - JOMBANG
    Tiket : Rp. 250.000
    RUTE: G : SEMARANG – GUBUG – PURWODADI – NGAWEN – BLORA – CEPU BOJONEGORO – BABAT
    Tiket : Rp. 260.000

    RUTE: I : GOMBONG – KEBUMEN – KUTOARJO – PURWOREJO – WATES – YOGYA – KLATEN
    Tiket : Rp. 230.000

    RUTE: J : PURWOKERTO – BANYUMAS – BANJAR NEGARA – WONOSOBO – TEMANGGUNG – MAGELANG – TEMPEL – KLATEN
    Tiket : Rp. 230.000
    Pemberangkatan dari lap sepak bola perumahan telaga harapan cibitung 700 m dari pasar h abdul malik warung bongkok
    Jadwal berangkat untuk tgl 2,3,4,5,6,dan 7 agustus 2013,,, ( 5 hari berturut2 ) jam berangkat jam 9 pagi ,jam 5 sore dan jam 9 malam ( SEHARI 3 X BERANGKAT )

    Kantor pemasaran / tempat berangkat : BUS MUDIK CIBITUNG 2012 : pemesanan tiket dp 50.000 sisa nya 1 MINGGU SEBELUM BUS BERANGKAT
    Perum. Telaga Harapan Blok F 6 no. 6 ( Jl. Telaga Wangi 2 ). Rumah Bpk. Agus
    Telp : 0813 9867 2755 – 0818 0672 7696 untuk informasi klik
    WEBSITE :http://pusatbuspariwisata.blogspot.com
    facebook : http://facebook.com/busmudiktelagaharapan
    http://pusatbuspariwisata.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. salken mas bro, sy jg bismania
    mampir yak, ada report2 turing jg
    http://mysimpliciti.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. bis yang bagus dan nyaman rute denpasar - solo apa yaa ?? soalnya saya bawa anak kecil dan baru pertama kali ini mau kesolo naik bis. makasi

    BalasHapus
  5. gan bis yg rute jogja-bengkulu apa ya? ,tp yang executive, mohon infonya ya gan.

    BalasHapus
  6. Min, yang jurusan bandung - pekanbaru ada gak yah?

    BalasHapus
  7. bandung-pekanbaru ada Sari Harum, Lorena, ALS, KD.

    BalasHapus
  8. ongkos tegal mesuji ada yang tau g yah?

    BalasHapus
  9. mau tanya nih,,,
    kalo dri surabaya mau ke palembang naik bus apa ya??
    n harga tiketnya berapa yaa??
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  10. bus safari jakarta jogja lewat pantura brebes ga yah gan??

    BalasHapus