Langsung ke konten utama

Jenis-jenis Keyboard Komputer

Anda pasti sudah tau apa yang namanya keyboard. Apa coba?
Ya! Sebuah hardware alias peripheral yang berfungsi buat menulis kata-kata ke dalam komputer. Baik itu mengetik dokumen sampai curhat ke dunia maya, hehe piss.

Keyboard terdiri atas kumpulan huruf (dari A sampai Z), angka, simbol, hingga tombol fungsi pun ikut disematkan.

Keyboard komputer pertama kali diciptakan pada tahun 1868 oleh Christopher Latham, dan mulai dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard pertama dibuat dengan menggunakan papan ber-punch card. Keyboard waktu itu menggunakan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh yang bernama Teletype.
Keyboard komputer ini terinspirasi dari mesin ketik, yang cara penggunaannya harus ditekan dengan keras agar huruf tersebut dapat tercetak di tinta gulung. Pembuatan keyboard komputer disesuaikan dengan gaya mengetik masyarakat.
Dari segi fisik, ada beragam jenis keyboard komputer, diantaranya:
1. Keyboard QWERTY

Keyboard ini sering ditemui pada laptop dan komputer kebanyakan. Ditemukan pada tahun 1878 oleh Scholes, Glidden, dan Soule. Tipe keyboard ini menjadi standar mesin ketik komersial pada tahun 1905. Desain keyboardnya dibuat sedemikian rupa, sehingga tombol yang paling dominan ditekan diletakkan di paling jauh. Tata letaknya pun sangat luas. Kelemahan dari tipe ini adalah, pengetikannya harus menggunakan dua tangan, yang berarti beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan (42:56).
2. Keyboard DVORAK

Keyboard jenis ini diciptakan pada tahun 1932. Keyboard ini dirancang untuk menitikberatkan ke tangan kanan untuk mengetik. Hal ini dimaksudkan agar meminimalisir kelelahan saat mengetik.

3. Keyboard KLOCKENBERG


Keyboard ini dimaksud untuk menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard. Selain itu, bagian keyboard dibuat miring ke bawah. Ada juga yang bagian kiri dan kanannya dipisah, guna menghindari resiko terkena RSI (Reppetitive Stain Injure) yang disebabkan karena pergelangan tangan.

4. Keyboard Maltron

Keyboard ini desainnya melengkung ke dalam. Untuk pengetikannya hanya membutuhkan 8 jari. Kenyamanan menjadi hal utama dalam pembuatan keyboard ini, karena selain meminimalisir RSI, juga memudahkan dalam melakukan pengetikan.

5. Keyboard Chord
Keyboard ini hanya mempunyai beberapa tombol saja, yaitu antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf, harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya juga simpel. Kelemahan keyboard jenis ini, jika digunakan dalam waktu jangka panjang akan menyebabkan kelelahan.
Beberapa jenis keyboard Chord:
a. Keyboard Palantype

b. Keyboard Stenotype
jenis keyboard - stenotype

c. Keyboard Alphabetik

d. Keyboard Numerik




Komentar

  1. kalo kopas di internet dikasih sumbernya dong mas, jangan jadi plagiator

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua Tentang Bis Malam

Berikut ini adalah sedikit informasi mengenai bis malam.

Sekelumit tentang bis Patas AKAP

Berikut ini adalah sekelumit tentang bis Patas AKAP alias Antar Kota Antar Polisi, eh Propinsi.