Langsung ke konten utama

Nama-nama karoseri Bus

Berikut ini adalah nama-nama karoseri bis yang sudah umum digunakan:

1. Adi Putro
Karoseri yang bermarkas di Malang, Jawa Timur.

Bodi yang dihasilkan:
a. Neoplan


b. Travego Series
Old Travego
New Travego
New Marcopolo
Royal Travego a.k.a Jetbus
c. Aeroqueen
d. Sprinter
e. Setra series
Old Setra
New Setra
f. Van Hool (special edition)





2. Laksana
karoseri ini bermarkas di Semarang, Jawa Tengah
Body yang dihasilkan:
a. Panorama series
Panorama II
Panorama III
Panorama DX
b. Comfort
c.Sprinter
 d. Proteus series
Proteus
New Proteus

e. Nucleus 3
f. Legacy
Legacy
Legacy Sky
3. Rahayu Santosa

Karoseri ini berada di Bogor, Jawa Barat

Body yang dihasilkan:
a. Setra

b. Evo series
Evo C
Evo X
Evo S
Evo G
Evolution
c. Concerto

d. Jetliner
e. Celcius series
Celcius
New Celcius
f. Tourliner
g. Euroliner
h. Skyliner




4. Tentrem

Karoseri ini berlokasi di Malang, Jawa Timur
Body yang dihasilkan:
a. Inspiro
inspiro
New Inspiro
b. Jupiter
Jupiter
Jupiter Li
b. Galaxy





Komentar

  1. Gan, ciri bus old setra smile itu belakangnya memang lampu pistol, smile atau bumerang? Kalo lampu belakang model tumpuk, tp depannya smile dan ada selendang setranya masih dikategorikan setra ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, baru bisa membalas sekarang, hehe

      Old setra lampu belakangnya model tumpuk seperti old travego. Baru beberapa tahun kemudian lahir old setra lampu "pistol". Kalau Setra buatan Adiputro ciri khasnya tetap menggunakan selendang

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua Tentang Bis Malam

Berikut ini adalah sedikit informasi mengenai bis malam.

Jenis-jenis Keyboard Komputer

Anda pasti sudah tau apa yang namanya keyboard. Apa coba? Ya! Sebuah hardware alias peripheral yang berfungsi buat menulis kata-kata ke dalam komputer. Baik itu mengetik dokumen sampai curhat ke dunia maya, hehe piss. Keyboard terdiri atas kumpulan huruf (dari A sampai Z), angka, simbol, hingga tombol fungsi pun ikut disematkan.

DARI YANG AWALNYA FOKUS WISATA, MULAI BERMAIN KE REGULER

Guna menambah pemasukan, beberapa PO yang awalnya hanya fokus ke Bus Pariwisata, mulai bermain ke angkutan reguler. Dimulai dari BGS Trans pada tahun 2013 dengan trayek Cilacap Jakarta (Kampung Rambutan) via Tasikmalaya dan Tol Cipularang, walaupun tidak bertahan lama. Dan juga Brillian dengan inovasi yang menghebohkan (kala itu) dengan sleeper bus nya. YA, SLEEPER BUS! Bus dengan konsep kamar tidur, dengan menggunakan ranjang, tidak seperti Suites Class buatan Laksana maupun Adiputro saat ini, dan juga tidak bertahan lama karena terkendala perizinan. Beberapa tahun kemudian, yaitu tahun 2018 disusul Agam Tungga Jaya dengan nama Sudiro Tungga Jaya untuk angkutan regulernya, hingga membuka cabang di Solo dengan nama PT. Tunas Muda Transportation. Setahun kemudian, Bhaladika juga ikutan bermain di angkutan reguler.  Tahun 2020 menjadi tahun yang paling terpuruk bagi angkutan wisata dikarenakan pandemi yang belum kunjung usai (hingga saat ini). Blue Star dan Pelita Baru (dengan nama Pelit